manusia dan pandangan hidup

pandangan hidup

Setiap manusia mempunyai pandangan hidup. Pandangan hidup itu bersifat kodrati. Karena itu is menentukan masa depan seseorang. Untuk itu perlu dijelaskan pula apa anti pandangan hidup. Pandangan hidup artinya pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup di dunia. Pendapat atau pertimbangan itu merupakan hasil pemikiran manusia berdasaikan pengalaman sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya.
Dengan demikian pandangan hidup itu bukanlah timbul seketika atau dalam waktu yang singkat saja, melainkan melalui proses waktu yang lama dan terus menems, sehingga hasil pemikiran itu dapat diuji kenyataannya. Hasil pemikiran itu dapat diterima oleh akal, sehingga diakui kebenarannya. Atas dasar ini manusia menerima hasil pemikiran itu sebagai pegangan, pedoman, arahan, atau petunjuk_yang disebut pandangan hidup.
Pandangan hidup banyak sekali macamnya dan ragamnya. Akan tetapi pandangan hidup dapat diklasifikasikan berdasaikan asalnya yaitu terdiri dari 3 macam :
(A) Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan hidup yang mutlak kebenarannya
(B) Pandangan hidup yang berupa ideologi yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norms yang terdapat pada negara tersebut.

cita-cita

cita-cita adalah sebuah harapan yang ingin kita capai sejak dini
dan ingin kita wujudkan dengan usaha dan kerja keras.

kebajikan

Kebajikan adalah nilai luhur dari kehidupan sedangkan dosa bagaikan titik hitam yang merosakkan pandangan. Namun kadangkala disebabkan nafsu, iman menjadi buta sehingga seseorang itu cinta kepada dosa dan menganggap bahawa segala sesuatu itu adalah wajar belaka.

usaha

Pengertian atau definisi Perusahaan ialah suatu tempat untuk melakukan kegiatan proses produksi barang atau jasa. Hal ini disebabkan karena ‘ kebutuhan ‘ manusia tidak bisa digunakan secara langsung dan harus melewati sebuah ‘ proses ‘ di suatu tempat, sehingga inti dari perusahaan ialah ‘ tempat melakukan proses ‘ sampai bisa langsung digunakan oleh manusia.

Keyakinan/kepercayaan

Kepercayaan dalam bahasa inggrisnya dinamakan "trust or believe" ini merupakan suatu bentuk nyata dalam kehidupan dimana menjadi berharga dari intan berlian sekalipun. Agama pun mengajarkan pentingnya kepercayaan pada Tuhan Yang Maha Esa atau Allah SWT. Ini esensi penting dalam beragama karena tanpa ini maka keimanan seseorang diragukan. Orang yang tidak mempercayai Tuhan adalah atheis.

Kepercayaan dalam bisnis sangat penting karena tanpa kepercayaan sulit bisnis dapat dijalankan dengan baik. Apabila ada seseorang datang kepada kita untuk meminjam sejumlah uang yang menutupi utang-utang bisnisnya lantas kita mempercayai begitu saja hanya dengan modal kepercayaan bahwa seseorang tersebut dapat mengembalikan uang kita dikemudian hari?

Seseorang yang akan menggadaikan barang di pegadaian tentu sang petugas pegadaian tidak percaya begitu saja tanpa adanya perjanjian kertas bermaterai. Surat inilah bukti kuat atas kepercayaan sang petugas pada si penggadai barang.

Dimanapun kita berada kepercayaan mutlak diperlukan. Seorang karyawan tidak berhasil direkrut kalau sang bos tidak memberikan kepercayaan si karyawan tersebut. Seorang pemimpin dipilih rakyatnya melalui mekanisme pemilu juga karena kepercayaan. Kita bisa melihat tanpa adanya kepercayaan rakyat pada pemimpin negara niscaya hancur. Stabilitas keamanan dan politik menjadi terganggu.

langkah-langkah berpandangan hidup yang baik

# Orang tua
Suka atau tidak, pandangan orang tua kita tentang hidup mempengaruhi cara pandang kita juga. kita mungkin memegang teguh nilai-nilai dan cita-cita warisan mereka atau malah menganut prinsip yang berbeda sama sekali dengan prinsip hidup mereka. Coba refleksikan sikap orang tua kita dan bagaimana sikap mereka mempengaruhi sikap hidup kita sampai saat ini.
# Lingkungan
Lingkungan tempat kita berada berpengaruh besar terhadap pandangan kita pada banyak hal. Apa yang terjadi bila kita hidup dan dibesarkan di New York atau di delta sungai Nil? Apakah lingkungan masa kecil kita mempengaruhi visi hidup kita?
# Masyarakat
Banyak orang berprestasi tinggi belajar bersama dengan orang-orang yang memiliki tingkat prestasi yang sama di sekolah. Dalam lingkungan seperti itu, mereka terpacu untuk lebih bersaing. Siapa di antara teman-teman sebaya kita yang meraih banyak prestasi? Apa yang bisa kita petik dari pengalaman mereka?
# Kegemaran
Kita mungkin mencintai olahraga sepak bola atau tidak suka musim hujan. Mungkin kita senang memelihara kucing-kucing peranakan pilihan atau malah pernah digigit anjing sehingga kita sangat membenci anjing. Pengalaman-pengalaman awal apa yang melatarbelakangi kegemaran kita sekarang? Kita bahagia dengan kegemaran kita atau perlu mencari tantangan baru?
# Postur tubuh
Jika kita berjalan tegak, dunia akan tampak lebih luas. Sebaliknya, bila berjalan dengan badan membungkuk, kita hanya bisa melihat langkah kedua kaki kita sendiri. Cara kita berdiri mempengaruhi apa yang bisa kita lihat. Jika postur tubuh kita pendek, coba bayangkan apa rasanya bisa melihat kerumunan orang dengan tubuh tinggi. Jangan biarkan masalah tinggi badan merintangi langkah kita ke masa depan!
# Harapan
Harapan pribadi dan orang-orang di sekitar akan mempengaruhi pola pikir kita. Coba kritisi harapan-harapan kita sendiri. Masuklah ke situasi-situasi yang tidak kita sukai dan temukan apa kenyataan sebenarnya.
# Politik
Sudut pandang politik kita akan melahirkan sikap dan pandangan baku tertentu yang akan kita anut atau kita tentang. Kadang, ada baiknya bersikap netral, sehingga kita bebas menentukan pandangan pribadi mengenai sesuatu. Perhatikan dan bandingkan manifesto partai-partai politik yang ada.
# Persepsi
Cara pandang kita akan sesuatu bisa berbeda dengan cara pandang orang lain mengenai hal yang sama. Karena itu, kita perlu memahami perbedaan persepsi orang-orang sekeliling. Hindari sikap memaksakan pandangan pribadi kepada orang lain.
# Filosofi
Kata ini memiliki cakupan lebih luas dari sekadar agama. Keyakinan pribadi mengenai hidup, kematian dan spiritualitas membentuk pandangan hidup kita. Bukan masalah filsafat yang benar atau yang salah. Perhatikan bagaimana filosofi atau prinsip hidup orang di sekeliling kita mengubah cara pandang mereka terhadap dunia.
# Keadaan
Keadaan sangat sumpek menimbulkan perbedaan besar dalam cara pandang kita mengenai dunia. Kita bisa menilai orang lain lebih baik bila jumlah orang yang ada di sekitar kita tidak banyak. Untuk itu, coba luangkan waktu bagi diri sendiri di tempat tenang. Kemudian, masuk kembali ke keramaian. Di kedua situasi itu, kita tetap menjadi diri sendiri. Namun, kita merasakan hal yang berbeda pada setiap situasi.

sumber :
http://carahidupkita.blogspot.com/2010/02/cara-mengenal-sebab-perbedaan-pandangan.html
http://www.kulinet.com/baca/kepercayaan/843/
http://syadiashare.com/pengertian-perusahaan.html

1 komentar:

video sex mengatakan...

Berjubah kelabu,menyertai kepergian dan terbaring dalam pangkuan kaki bumi
Pasukan malam menyambut penuh girang menghias malam di setiap lipatan langit
Dari punggung gunung lolongan anak serigala membelah kesunyian sampai menyusup belahan dinding pegunangan hingga lenyap di dasar lembah
Memberikan kabut sebagai selimut malam mendampingi saat terbuai dalam tidur
Datang berselubung kelam
Membungkus lapisan langit dalam halimun
Tak akam beranjak
Sebelum embun diatas daun meninggalkan jejak diatas permukaan bumi
Dari situ, berdiri diantara gunung-gunung dengan wajah yang berseri-seri, dari raut mukanya memancarkan garis sinar kemerahan menyapu ke gugusan pegunungan, sementara itu berkas cahaya naik ke atas mengikuti sumbu bumi, bergerak terus ke atas menuju telaga ,percikan air dari telaga memecah keheningan hingga ke dinding tebing,walaupun kabut di sekeliling telaga belum beranjak dari permukaan ,hembusan angin dari cela gunung memisahkan kabut dari telaga, saat itu cahaya menembus celah tebing meluluhkan kebekuan kabut agar segera menghilang.
Benih yang jatuh di pinggir jalan tak akan sia-sia
Disitu ada kekuatan yang tumbuh
Bersatu pada bagian dalam dengan bagian luar
Disitu tidak ada lagi yang lain
Karena bagian dalam dan bagian yang luar menyatu
Semua itu dalam keadaan nyata dan sadar
Itulah keindahan yang paling indah
Bergerak mengikuti dorongan kekuatan cahaya
Berjalan mengikuti keinginan akan cinta
tidak dapat di jaring oleh pikiran ataupun di jerat oleh ungkapan, akan tetapi dapat menggerakan, memainkan melodi indah , gerakan ini menimbulkan gelombang yang akan megeluarkan hasrat untuk melihat keindahan, dan menghasilkan percikan api yang menghidupkan semangat dan menerima kenyataan ini dalam kesederhanaan.Kenallah dalam kesederhanaanya, sebab dengan demikian akan mengajari untuk memeluk keindahan yang tidak memiliki batas, masuk dengan jiwa suci dan tinggal disitu hingga dorongan perasaan akan menangkap makna kebenaran yang di rasakan dan membawa pergi dalam kekuatan yang akan tumbuh terus dan tak akan pernah mati,karna memiliki kekuatan yang tak terbatas,tak termakan oleh waktu,wajahnya akan berubah-ubah,akan tetapi meliki jalan sendiri untuk menyatatakan dan memberi warna yang lahir dari ketulusan jiwa, , apa yang ada di sana adalah apa yang ada di sini, tidak pergi kesana untuk di bawa kemari melainkan , beranjak dari sini,saat ini juga,apa yang ada didalam jauh lebih besar dari apa yang pernah dibayangkan karna tidak dapat ditulis,ataupun diukir dalam kata-kata, apa yang di dalam membuka gerbang pengetahuan untuk melihat semuanya dan tidak meninggalkan seorang diri di dalam dunia ini,akan tetapi menemani dalam segala wujud,demikian wujud yang di dalam akan bergerak mengikuti cahaya,dunia tidak dapat mengenalnya karna tidak berasal dari dunia ini melainkan dari dalam, dunia tidak dapat melihatnya karna kabut menutupi penghihatan,dunia tidak dapat menerima wujudnya karena dunia ada seperti lembaran kain yang terbentang ..

diposkan oleh:begawan-alex

Posting Komentar